Villa Aman D’sini Diduga Salahgunakan IMB

  • Whatsapp

Kab.Bogor, Infofaktual.net- Kemegahan dan keindahan Villa Aman D’sini yang terletak di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, ternyata tak dibarengi dengan perizinan sebagai mana mestinya. Karena hasil telisik tim redaksi, Villa megah yang diketahui menjadi tempat tavorit Bupati Bogor Ade Yasin dalam menghilangkan kepenatan nya, ternyata menyalahgunakan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Bagaimana tidak menyalahgunakan, Villa komersil nan megah yang berdiri di atas lahan lebih dari satu hektare itu ternyata tidak memiliki IMB Villa melainkan IMB rumah tinggal atas nama pemilik, yang dikeluarkan oleh Badan Perizinan Terpadu Kabupaten Bogor (kini DPMPTSP-red) pada tahun 2009 yang ditandatangani oleh Syarifah Sofiah waktu itu. Tentunya, hal ini sangat bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Bogor, dimana setiap bangunan harus berizin sesuai dengan peruntukannya.

Dugaan penyalahgunaan izin yang dilakukan oleh pemilik Villa Aman D’sini juga ditengarai dibiarkan oleh pemerintah daerah. Hal itu terlihat ketika pucuk pimpinan daerah yakni Bupati Bogor Ade Yasin beberapa kali mengunjungi villa tersebut, bahkan saat merayakan ulang tahun nya pun dilakukan ditempat yang asri itu.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke Manager Villa Aman D’sini, Sarifah, melalui pesan singkat nya tak dapat menjawab soal dugaan penyalahgunaan izin, dia hanya mengakui kalau tempatnya dia bekerja sudah ada IMB nya. “IMB kita sudah ada,” kata Sarifah, kemarin.

Namun demikian, dia tak dapat menjawab ketika ditanya soal dugaan penyalahgunaan IMB, meskipun sempat menjawab pertanyaan wartawan terkait kunjungan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Untuk masa PPKM ini kita tidak banyak pengunjung, resto kita layani take away, kecuali tamu yang menginap. Mereka ada di dalam resto itu menunggu makanan dan minuman selesai, setelah makanan dan minuman selesai mereka langsung pulang. Dan bahkan mereka makan di mobil mereka. Banyak yang datang pada pulang lagi, karena mereka ingin makan di tempat,” kata Sarifah ketika ditanya soal kunjungan di saat PPKM.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Deni Humaedi mengatakan, pihaknya akan komunikasi dan inventarisasi dengan dinas terkait

“Terima kasih atas informasinya, kami komunikasikan dengan dinas/OPD terkait untuk memastikan apakah benar villa tersebut milik pribadi, atau komersial,” ujarnya melalui WhatsApp, Jumat (23/7/2021).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.