Gandeng PMI dan PDDI, DPC Harpi Melati Kota Bogor Gelar Bakti Sosial ” Donor Darah “

  • Whatsapp

KOTABOGOR,Infofaktual.net – Sebagai upaya membantu dalam hal kemanusiaan disituasi pandemi covid-19, Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Himpunan Akhli Rias Pengantin Indonesia ( HARPI ) Melati Kota Bogor dengan penerapan prokes covid-19 menggelar kegiatan Donor Darah dengan tema ” Donor Darah, Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga ” yang berlokasi di Gedung Wanita Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa ( 21/09/21 ).

 

Dalam kegiatan ini pihak Harpi Melati  menggandeng PMI dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia ( PDDI ) Kota Bogor dan melibatkan seluruh pengurus dan anggotanya untuk menjadi relawan sekaligus pendonor.

 

Nova Fitria Ariyandi, STP, Ketua DPC Harpi Melati Kota Bogor menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya  donor darah, dan terlebih masih dalam situasi pandemi covid-19, dan pihaknya juga tetap mengutamakan prokesnya dalam pelaksanaan kegiatan ini tentunya.

 

“Kami dari DPC Harpi Melati Kota Bogor, hari ini bisa melaksanakan kegiatan kemanusiaan yaitu donor darah yang pertama kalinya dengan kuota 50 pendonor, meski situasi masih dalam massa pandemi, tentunya kami tetap patuh dan mengutamakan prokes yang berlaku,” ungkap Nova disela kegiatan donor darah di Gedung Wanita.

 

Menyinggung terkait dampak pandemi ini, menurut Nova tentunya sangat berpengaruh besar bagi perhimpunan yang diisi oleh para akhli tata rias ini, dari mulai pemberlakuan PSBB sampai PPKM hingga hari ini sangat terasa terutama di sektor ekonomi.

 

“Semoga apa yang kami lakukan hari ini mekipun situasinya masih dalam kondisi pandemi covid-19 bisa bermanfaat dan kami juga mengharapkan secepatnya pandemi ini segera hilang dari muka bumi dan kembali normal seperti sediakala,” harapnya.

 

Senada juga disampaikan Dicky Ramadhani selaku Ketua PDDI Kota Bogor, hari ini Tim dari PDDI Kota Bogor bersinergi dengan DPC Harpi Melati Kota Bogor menyelenggarakan kegiatan Donor Darah sebagai langkah membantu sesama manusia dengan menyumbangkan darahnya untuk kepentingan orang yang membutuhkan nantinya.

 

“Kami atas nama PDDI dan juga PMI sangat antusias dengan gerakan donor darah yang diinisiasi oleh teman-teman dari Harpi Melati Kota Bogor, tentunya kami harus mengapresiasi sebagai langkah untuk membantu menyebarluaskan dan diharapkan bisa menyentuh lapisan masyarakat disemua wilayah serta akan semakin memahami akan manfaat dari donor darah itu sendiri,” ungkap Dicky.

 

Selain bermanfaat bagi diri sendiri, menurut Ketua PDDI Kota Bogor juga bermanfaat bagi orang lain, karena kemungkinan kalau tidak jadi pendonor maka ada nyawa orang lain yang tidak tertolong.

 

“Maka dengan semakin banyaknya inisiasi dalam menyebarluaskan gerakan donor darah, maka otomatis semakin banyak nyawa manusia yang akan tertolong dan diharapkan semua lapisan masyarakat akan lebih tahu dengan manfaat mendonorkan darahnya. Karena banyak pasien akibat kecelakaan, demam berdarah, ibu melahirkan serta penyakit reguler yang harus traspusi darah itu bisa segera tertolong jika persediaan darahnya cukup,” paparnya.

 

Selama pandemi, ketersediaan darah menurun dan ini diakibatkan karena masyarkat belum berani berkumpul keluar guna mendonorkan darahnya ditambah dengan pemberlakuan PPKM hinga belum stabil aktivitasnya.

 

“Berkaitan sedang maraknya serbuan vaksinasi dan sesuai peraturan baru dari Kemenkes RI tentang donor darah jika ingin berdonor jeda waktunya adalah 3 hari khusus untuk dosis ke 1 dan 7 hari untuk dosis ke 2 dengan acuan tidak mengalami gejala apapun. Dan kami pun menghimbau bagi masyarakat yang ingin berdonor dengan ketentuan berbadan sehat,  istirahat cukup minimal 5 jam, tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan makan terlebih dahulu dan 2 jam sebelum donor harus makan atau sarapan,” tutup Dicky.

 

 

Editor         : Dadan Gandara

Reporter    : Sally

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.