Perumda PPJ Kota Bogor Gelar Operasi Pasar Minyak Curah Bagi Pedagang dan Masyarakat

  • Whatsapp
Perumda Pasar Pakuan Jaya menggelar Operasi Minyak Curah sebanyak 5000 L ( 5 Ton ) yang berlokasi di Pasar Merdeka Jalan Raya Merdeka Ciwiringin Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Senin (21/3/2022).

KOTABOGOR,Infofaktual.net -Sebagai upaya menjaga stabilisasi harga dan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok berupa minyak goreng untuk masyarakat, Perumda Pasar Pakuan Jaya menggelar Operasi Minyak Curah sebanyak 5000 L ( 5 Ton ) yang berlokasi di Pasar Merdeka Jalan Raya Merdeka Ciwiringin Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Senin (21/3/2022).

Direktur Perumda Pasar Pakuan Jaya ( PPJ ), Muzakkir membenarkan bahwa pelaksanaan operasi pasar minyak curah dari pemerintah melalui distributor PT.Rajawali Nursindo sebanyak 5 ton ( 5000 L ) dengan alokasi peruntukkan diutamakan bagi pedagang dan masyarakat jika mencukupi.

Bacaan Lainnya

” Operasi pasar ini sendiri bertujuan menstabilkan harga dipasaran yang terlebih di minyak curah dengan tujuan utamanya adalah para pedagang. Terkait harga pun, kami membedakan dengan masyarakat umum, bagi pedagang dikisaran Rp 13.000,- / Liter beda dengan masyarakat yang dikenakan Rp 14.000,-/Liternya,” ucapnya.

Dan kemungkinan untuk kedepannya, akan meminta kuota lebih banyak lagi. Karena memang kebutuhan pedagang dan masyarakat untuk saat lebih terfokus dengan minyak curah dibanding kemasan yang harganya sudah sangat melambung tinggi.

” Kalau tidak ada halangan, kemungkinan hari Kamis kita usahakan untuk dialokasikan kembali dengan kuota yang lebih banyak lagi, diatas 5 ton untuk turun di Kota Bogor. Jika memang nanti sampai bisa mendapat kuota 15 hingga 20 ton, kita akan bagi dibeberapa titik unit pasar, seperti Gunung Batu, Sukasari dan Pasar Bogor tentunya,” harap Muzakkir

Senada juga disampaikan oleh Direktur Operasional ( Dirops ) Perumda PPJ, Deni Ari Wibowo,S.E menjelaskan, hari ini kegiatan operasi pasar minyak curah bantuan dari pemerintah pusat serentak se-Jabotabek yang diperuntukkan bagi pedagang dan juga masyarakat umum.

“Melalui pihak penyalurannya dalam hal ini adalah PT.Rajawali Nursindo, mendistribusikan minyak curah bantuan dari pemerintah yang dilaksanakan secara serentak diwilayah Jabodetabek. Alokasi untuk Kota Bogor sejumlah 5000 L ( 5 Ton ) dengan harga yang sudah ditentukan yaitu 14.000,-/ Liter dan 15.000,-/ Kg,” ungkap Dirops pada Senin (21/3/2022).

Deni melanjutkan, bahwa operasi pasar minyak curah ini memang di fokuskan bagi pedagang dengan ketentuan harga jualnya yang sudah di tetapkan dan maksimal pembelian tidak terbatas, sedangkan bagi masyarakat maksimal 20 Liter.

“Bagi pedagang yang membeli, diharuskan  mengisi surat fakta integritas dengan ketentuan menjualnya yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan minimal pembelian 20 L. Sedangkan bagi masyarakat umum hanya diperbolehkan membeli maksimal 20 Liter dengan mengisi juga fakta integritas melampirkan KTP atau domisili di Kota Bogor,” jelasnya.

Selama kuota masih ada, bagi pedagang tidak ada batas pembeliannya, karena harus dihabiskan hari ini. Terkait harga beli, bagi pedagang dan masyarakat umum tentunya berbeda.

“Guna memastikan harga dipasaran, pihak Perumda PPJ bersama TNI dan Polri selalu melakukan sidak terkait kelangkaan minyak goreng dan termasuk harga jual, jika kedapatan penjual melakukan transaksi melebihi dari ketentuan, pasti akan kita tindak,” tandas Deni.

Kegiatan operasi pasar minyak curah ini pun, tak luput dari pantauan dan penjagaan pihak TNI-Polri serta pihak Dinas terkait dalam hal ini yaitu Disdagin Kota Bogor.

Editor       : Dadan Gandara

Reporter  : Sally Sumeke

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.